Pemeliharaan Persemaian

Persemaian merupakan periode kritis, kecerobohan dalam pemeliharaan ini dapat menyebabkan kecambah mati. Gangguan yang terjadi pada persemaian akan berakibat buruk dengan rentetan yang panjang. Pemeliharaan persemaian ini terdiri dari:

  • Penyiraman
  • Penyiangan gulma
  • Pemupukan
  • Pengendalian hama dan penyakit
  • Seleksi semai

Tahapan pekerjaan dalam penyemaian benih meliputi :

  1. Benih yang sudah berkecambah disemai dalam polybag kecil, kemudian diletakkan pada bedengan-bedengan yang lebarnya 120 cm dan panjang bedengan secukupnya.
  2. Ukuran polybag yang digunakan adalah 12 cm x 23 cm atau 15 cm x 23 cm (lay flat).
  3. Polybag diisi dengan 1,5-2,0 kg tanah atas yang telah diayak. Tiap polybag diberi lubang untuk drainase.
  4. Kecambah ditanam sedalam ± 2 cm dari permukaan tanah dan berjarak 2 cm.
  5. Setelah bibit dederan yang berada di prenursery telah berumur 3-4 bulan dan berdaun 4-5 helai, bibit dederan sudah dapat dipindahkan ke pesemaian bibit (nursery).
  6. Keadaan tanah di polybag harus selalu dijaga agar tetaplembab tapi tidak becek. Pemberian air pada lapisan atas tanah polybag dapat menjaga kelembaban yang dibutuhkan oleh bibit.
  7. Penyiraman dengan sistem springkel irrigation sangat membantu dalam usaha menghasilkan kelembaban yang diinginkan dan dapat melindungi bibit terhadap kerusakan karena siraman.
  8. Untuk penanaman bibit pindahan dari dederan dibutuhkan polybag yang lebih besar, berukuran 40 cm x 50 cm atau 45 cm x 60 cm (lay flat), tebal 0,11 mm dan diberi lubang pada bagian bawahnya untuk drainase.
  9. Polybag diisi dengan tanah atas yang telah diayak sebanyak 15-30 kg/polybag, disesuaikan dengan lamanya bibit yang akan dipelihara (sebelum dipindahkan) di pesemaian bibit.
  10. Bibit dederan ditanam sedemikian rupa sehingga leher akar berada pada permukaan tanah polybag besar dan tanah sekitar bibit dipadatkan agar bibit berdiri tegak. Bibit pada polybag besar kemudian disusun di atas lahan yang telah diratakan, dibersihkan dan diatur dengan hubungan sistem segitiga sama sisi dengan jarak misalnya 100 cm x 100 cm x100 cm.
  • Pemeliharaan Pembibitan Utama

 Yaitu merupakan kelanjutan dari pemeliharaan di persemaian. Perawatan yang baik akan meningkatkan figur bibit yang nantinya akan berdampak pada tahun pertama tanaman menghasilkan atau(TM-1) aktifitas pemeliharaan ini terdiri dari:

  • Pengisian dan penyusunan polibag
  • Alih tanam (transplanting)
  • Penyiraman
  • Pemupukan
  • Seleksi bibit yaitu memusnahkan bibit yang abnormal
This entry was posted in Tips & Trik, Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>