Pembibitan Kelapa Sawit

Pembibitan dalam usaha perkebunan kelapa sawit merupakan faktor yang sangat penting mengingat keberhasilan perkebunan kelapa sawit akan sangat dipengaruhi oleh jenis bibit serta faktor-faktor lain yang berhubungan dengan bibit tersebut. Dikarenakan usaha dibidang perkebunan kelapa sawit merupkana usaha jangka penjang dan sifat tanaman adalah tahunan (perennial crop) maka pengelolaan bibit kelapa sawit harus diperhatikan dan dikelola secara seksama dan memadai guna menjamin produksi yang tinggi dan hasil usaha yang optimal dikemudian hari.

Sebelum membahas pembibitan secara lelih detail untuk memperjelas istilah yang yaitu : biji, benih, kecambah, ramet dan bibit.

  • Biji adalah organ reproduktif yang dihasilkan oleh tanaman setelah terjadinya anthesis. Anakan kelapa sawit yang biasanya tumbuh liar dipiringan merupakan produk dari biji.
  • Benih adalah biji yang digunakan untuk tujuan penanaman (komersia). Semua benih adalah biji, tetapi tidak semua biji bisa menjadi benih. Benih adalah biji yang telah diseleksi dan dijamin kemurnian genetiknya (legitim)
  • Kecambah adalah benih yang telah diberi perlakuan sehingga membentuk Plumula (pucuk) dan Radikula (akar) serta siap untuk ditanam di pembibitan.
  • Ramet adalah kecambah hasil perbanyakan vegetatif dengan teknik kultur jaringan melalui embriogenesis kalus primer. Sementara, ortet adalah ramet yang telah ditanam di lapangan.
  • Bibit adalah bahan tanaman yang siap untuk ditanam di lapangan. Bibit bisa berasal dari organ reproduksi (benih) dan / atau hasil perbanyakan vegetatif (ramet).

Sebagaimana uraian diatas bahwa bibit merupakan faktor utama yang dapat menentukan keberhasilan usaha perkebunan sawit. Dengan bahan dan pengelolaan yang tepat maka masa Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) waktunya akan lebih pendek sehingga waktu panen atau Tanaman Menghasilkan (TM) akan lebih cepat.

This entry was posted in Tips & Trik, Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>